Pengikut

Masyarakat Madani

Definisi Masyarakat Madani. Masyarakat madani berasal dari madaniyah yang artinya peradaban, hal ini berarti mayarakat madaniyah ialah suatu masyarakat yang beradab dan yang maju di segala bidang, baik itu di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis dan akhlak. Masyarakat madani ini dapat menyeimbangkan antara hak dan kewajibannya, baik itu hak dan kewajiban untuk bangsa, negara, maupun agamanya. Oleh karena itu setiap individunya memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat berperan secara proporsional.
masyarakat madani mulai dikenal dari hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah. Meskipun penduduknya terdiri dari berbagai macam keyakinan tetapi mereka hidup berdampingan dengan rukun damai tenteram, saling menghormati, saling membantu satu sama lain, saling tolong menolong tanpa mencampuri privasi orang lain, kompak dalam hal kebaikan, patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan serta memberikan kepercayaan pada Rasulullah SAW sebagai pemimpin.
Karakter yang telah ditunjukkan oleh masyarakat madani di zaman Rasulullah SAW ini merupakan karakteristik ideal masyarakat madani yang apabila diterapkan di zaman sekarang ini akan mendatangkan kemaslahatan untuk bangsa dan Negara kita.
Ciri-ciri masyarakat madani. Adapun ciri-ciri masyarakat madani yakni
1.Beragama. hal ini berarti meyakini ada Tuhan yang maha esa yakni Allah Swt yang patut disembah dipuja diprioritaskan serta meyakini hanya Dia-lah Tuhan yang berhak mengatur segala kehidupan.
2.Saling menghormati antara pihak yang satu dengan pihak yang lain
3.Saling membantu satu sama lain meski berbeda keyakinan
4.Saling tolong menolong tanpa mencampuri privasi orang lain
5.kompak dalam hal kebaikan
6.Hidup berdampingan secara rukun,damai, aman, tenteram
7.Toleran terhadap mererka yang berbeda keyakinan dengan kita ataupun non muslim. Allah  tidak menyruh ataupun memaksa seseorang untuk meyakini agama Islam. Karena setiap manusia di dunia ini diberi kebebasan dalam memilih agama yang ingin dianutnya. Dan tidak ada sautpun yang berhak memaksa dalam hal keyakinan beragama.
8.mampu menyeimbangkan dan menyelaraskan antara hak dan kewajiban agar tercipta kesejahteraan
9.beradab dan berakhlak mulia. seperti istilah masyarakat madani yang berasal dari madaniyah ini berarti beradab yakni masyarakat menggunakan kemajuan dalam ilmi pengetahuan dan teknologi unutuk kemaslahatan ataupun unutk memberikan kemudahan bagi mereka. dan berakhlak mulia di sini berarti dalam pemanfaatan kemajuan ilmu peng dan teknologi  harus dibarengi dengan akhlak mulia.
Nabi Muhammad SAW telah menampilkan peradaban Islam yang luar biasa dengan konsep menghapus perbedaan kemudian mempersatukan. Peradaban Islam yang ideal tercapai karena tercapai keseimbangan antara kaum Muslimin dan kebebasan berpikir semua warga masyarakat termasuk mereka yang berbeda keyakina ataupun non Muslim. Hal ini karena agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW yakni agama Islan adalah agama yang benar. Islam memandang umat manusia adlah sama. Setiap manusia adalah sama derajatnya di mata Allah Swt. Di dalam Islam juga ada konsep persaudaraan dan perlakuan yang sama trhadap seluruh umat manusia di muka bumi ini. Siapa yang bersalah akan mendapatkan hukuman dan siapa yang melakukan kebaikan maka akan mendapatkan pahala.
Wujud nyata masyarakat madani di zaman Rasulullah SAW benar menggambarkan masyarakat islami. Masyarakat yang seperti inilah yang sangat diinginkan semua orang.
Masyarakat madani tidak bisa diwujudkan di zaman sekarang. Tetapi hal itu bisa diwujudkan jika kita memiliki pemimpin yang bisa dipercaya diterima dan mampu memimpin. Selain itu juga harus memiliki individu yang berpendidikan.
oK mamen,,,hahay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar